Resep Membuat Jaja Wajik Makanan Asli Bali

Resep Jaja Wajik Makanan Asli Bali - Jaja Wajik, merupakan makanan asli Bali yang memiliki rasa manis pada setiap gigitannya. Makanan yang satu ini memiliki perpaduan bahan-bahan yang mudah di dapat, memiliki bahan baku beras ketan, dan di kombinasikan dengan bahan lain seperti santan, gula merah, gula pasir serta tak lupa daun pandan yang memberikan aroma khas pada makanan ini. Memiliki rasa yang manis, aroma sedap, dan ada nuansa gurihnya, tetapi agak berminyak. Makanan ini sukses merebut perhatian penggemar kuliner. Anak-anak juga sangat menyukai olahan makanan dari beras ketan ini, penggunaan bahan makanan berupa gula merahnya membuat rasa legit pada jaja wajik ini. Anda akan sering menjumpai makanan ini jika berada di Bali, namun bagi anda yang tertarik ingin mengolahnya sendiri, anda dapat mengikuti resep di bawah ini:baca juga Resep Masakan Pasta Fusilli Bolognese
Jaja Wajik
Jaja Wajik
Bahan yang harus di siapkan:

  • Ketan sebanyak 800 gram
  • Gula jawa 250 gram,
  • Gula pasir 100 gram
  • Santan 750 cc yang di ambil dari 1 ½ buah kelapa
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 3 lembar
  • Siapkan daun pisang yang akan di gunakan sebagai alas
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Siapkan wadah berupa tampah atau loyang

Cara membuat Jaja Wajik:

  1. Pertama, anda harus merendam bahan bakunya, yaitu ketan. Rendam selama hampir 1 jam.
  2. Setelah 1 jam, angkat ketan dan tiriskan. Lalu kukus ketan hingga setengah matang.
  3. Rebus gula jawa atau gula merah, gula pasir, santan, garam dan daun pandan secara bersamaan hingga mendidih.
  4. Kemudian masukkan ketan ke dalam adonan gula dan lainnya tadi, aduk-aduk sampai ketan matang dan santan hingga mengering, setelah itu angkat.
  5. Lapisi wadah berupa tampah atau loyang menggunakan daun pisang, lalu olesi daun dengan minyak. Kemudian tuangkan adonan yang sudah siap tadi ke dalam wadah, ratakan sembari tekan adonan agar menjadi padat.
  6. Tunggu hingga adonan menjadi dingin, kemudian potong menjadi bentuk persegi ukuran 4 x 6 cm, dapat menjadi 30 bagian.
Nah, apabila anda sudah menyimak resep dan cara membuatnya tentu anda dapat langsung segera mengaplikasikannya dengn mudah bukan? Namun, ada hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan jaja wajik ini, yaitu:

  1. Gunakan alas daun pisang untuk melapisi wadah yang akan anda gunakan, jangan menggunakan kertas ataupun koran. Karena kertas akan menempel pada adonan yang telah anda buat tadi, sebelum daun pisang di gunakan akan lebih baik jika anda membersihkannya terlebih dulu.
  2. Anda wajib mengolesi daun pisang dengan minyak, agar membuat adonan tidak menempel pada daun pisang.

Baca Juga : Resep Kue Maksuba Khas Palembang yang Enak dan Legit
Nah, selamat mencobanya ya.