Resep Membuat Bubuh Sagu

Resep Bubuh Sagu - Bubuh Sagu merupakan makanan khas yang berasal dari kota Pariwisata Bali. Memiliki rasa yang lezat, berupa rasa manis disertai gurih. Berasal dari bahan baku sagu yang di kolaborasikan dengan gula merah, merupakan paduan yang sempurna untuk menghasilkan sebuah makanan yang enak. Rasa gurih yang berasal dari makanan ini timbul dari kuah santannya, karena ketika akan di sajikan bubuh sagu ini terlebih dulu akan di siram dengan santan yang akan menambah kelezatannya. Umumnya, anak-anak sangat tertarik dengan resep makanan yang satu ini, dikarenakan terdapat cita rasa manis pada makanan tersebut, yang tercipta dari gula merahnya. Nah, bagi anda yang ingin mencoba sajian makanan khas ini, dapat mencoba membuatnya dengan mengikuti alur resepnya di bawah ini:  baca juga Resep dan Cara Membuat Kue Awug Awug
Bubuh Sagu
Bubuh Sagu
Bahan yang perlu di siapkan:

  • 250 gr sagu Ambon
  • 130 ml santan kental instan
  • Garam secukupnya
  • 150 gr gula merah
  • Air secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat Bubuh Sagu

  1. Rendam 250 gram sagu Ambon hingga lembut dan tercampur, kemudian tiriskan.
  2. Sembari menanti sagu tersebut lembut, anda bisa melakukan hal lain, yaitu rebuslah gula merah menggunakan air secukupnya, kemudian cair setelah cair.
  3. Anda bisa melakukan dua hal yang bersamaan, yaitu pakailah sisi kompor anda yang lain untuk merebus santan, taburkan sedikit garam di atasnya. Santan yang anda rebus ini akan di gunakan sebagai kuah dari bubuh-nya.
  4. Setelah sagu Ambon siap, maka segera tuangkan sagu ambon yang telah menjadi lembut dan tercampur tadi ke dalam gula merah yang sudah anda rebus, dan rebus jadi satu.
  5. Kemudian, tambahkan gula pasir sesuai selera, dan jangan lupa masukkan pula daun pandan.
  6. Lalu masak hingga bubuh mengental.
  7. Setelah mengental, angkat dan siram dengan sausnya, yaitu santan tadi, kemudian sajikan.
Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Nah, untuk membuat bubuh sagu, ada tips yang perlu anda ketahui. Antara lain:
  1. Untuk pemberian gula pasir, anda dapat memberikan takaran sesuai selera anda. Karena sudah terdapat gula merah sebagai pemberi rasa manis, bagi anda yang memang gemar dengan rasa manis bisa menambahkan gula pasir tetapi bagi anda yang tidak begitu menyukai manis, tidak perlu memberikan taburan gula pasir dalam takaran yang banyak, secukupnya saja.
  2. Daun pandan di gunakan sebagai pengharum alami pada bubuh yang anda masak, jadi peranannya lumayan penting. Jika bubuh buatan anda di berikan aksen daun pandan, maka aromanya lebih menggoda untuk segera di santap.
Baca Juga : Resep Martabak HAR Isi Telur Bumbu Kari yang Enak
Sekian informasinya, semoga bermanfaat bagi anda yang mencobanya.